Buka Puasa Kekinian dengan Cimplung Kurma Skippy!

Sudah bocor berapa nih puasanya? Hahahaha

Aku masih semangat puasa lho karena baru mulai puasa beberapa hari yang lalu. Maklum perempuan kan ada jadwal datang bulan, eh pas banget dateng di minggu pertama puasa. Nggak usah sedih! Kan bisa tetap beribadah setelahnya. Awal puasa, aku semangat banget bikin-bikin menu kesukaan pak suami. Mulai dari sayuran yang ditumis, menu ayam, sampe takjil gorengan. Bakwan goreng udah, tahu juga udah, tinggal pisang nih yang masih betah di lemari pendingin. Pak suami bilang, biasanya kalau pisang yang terlalu matang itu bisa diolah jadi cimplung. Ada yang tau cimplung?

Cimplung yang aku pernah bikin itu terbuat dari kentang seperti perkedel tapi kenyal dan nagih banget! Resep yang berhasil dieksekusi dari blognya mbak Diah Didi. Sekarang aku mau coba resep lainnya nih, dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah diperoleh tentunya! Alhamdulillah ramadan kali ini aku berhasil meminimalisasi beli makanan di luar rumah. Sebisa mungkin aku masak dan memaksimalkan bahan-bahan masakan yang sudah aku stok sebelumnya. Jadi nggak ada tuh cerita mubazir karena numpuk takjil di lemari pendingin yang dibeli tapi males dimakan karena hanya lapar mata aja.



Resep cimplung ini hasil modifikasi dari blog dapurzahira. Pas banget pisang yang aku punya dikasih cuma-cuma sama mamanya zahira hahaha #BisaAe

Bahan-bahan yang diperlukan:
2 buah pisang tanduk 
4 butir kurma, dagingnya dipotong-potong dadu
300 gr tepung beras
3 sendok makan skippy
200 ml santan
Garam dan vanili secukupnya
Minyak goreng secukupnya
Skippy dan gula halus untuk taburan 





Cara membuat Cimplung Kurma Skippy:
  1. Aduk hingga tercampur rata, tepung beras, skippy, garam, dan vanili.
  2. Campurkan santan, lalu aduk sampai adonan pisang cimplung terasa licin. 
  3. Masukkan pisang yang telah dipotong-potong dan daging kurma ke dalam adonan. Aduk lagi hingga tercampur rata.
  4. Adonan bisa dibentuk pipih atau memanjang. 
  5. Panaskan minyak goreng dengan suhu yang agak tinggi, setelah itu goreng bulatan adonan hingga berubah warna kuning kecoklatan dan matang lalu angkat dan tiriskan. 
  6. Taburi cimplung yang telah matang dalam piring saji dengan skippy dan gula halus.
  7. Siap dinikmati!

Buah kurma bisa diganti dengan buah nangka sesuai resep aslinya. Berhubung lagi puasa jadi kurma gampang ditemukan dimana aja! Rasanya? Wuih jangan dibayangin doang nanti malah batal lho puasanya. Langsung temukan bahan-bahannya di toko sebelah lalu bikin sendiri di rumah. Gampang dicari ya kan bahan-bahannya dan mudah kok membuatnya. Nggak perlu alat pengaduk khusus atau oven pemanggang kue. Taburannya juga menyesuaikan selera, bisa ditaburi susu kental manis, coklat, keju parut, dan lain-lain.

Resep ini semakin lezat karena pakai skippy sebagai campuran dan taburannya. Skippy chunky peanut spread memang tak ada duanya. Selai kacang satu ini dicampur dengan banyak potongan kacang asli yang renyah. Berpadu dengan pisang dan kurma sebagai menu buka puasa, jelas makin sedap. Cocok juga untuk bekal makanan ringan saat piknik atau pergi ke sekolah. Dinikmati saat pagi hari sebagai menu sarapan atau sebagai teman minum kopi saat sore hari juga pas banget. Mulai dari anak-anak sampai orang tua bisa makan ini. Siapa sih yang bisa menolak selai kacang? Dioles di atas roti tawar aja udah enak. Si kecil yang belum setahun aja suka loh sama camilan ini, apalagi kita? Ibuku bilang sih teksturnya seperti kue cucur. Yah daripada nebak-nebak mending nikmatin sendiri deh cimplungnya. Yuk dicoba!

24 comments:

  1. Dalam bayangan saya cimplung itu adalah singkong yang direbus pakai air dan gula merah ternyata lain....bisa dicoba nih mbak resepnya, sepertinya nikmat banget untuk sajian buka puasa apalagi dicocol pake saos skippy peanut creamy ya....pasti nagih nih....

    ReplyDelete
  2. Di rumahku selalu tersedia Skippy mba. Soalnya kesukaan keluarga. Aku mau ngincip ah mbaa :)

    ReplyDelete
  3. Wah aku belum pernah nih makan Cimplung..jadi pengen coba juga nih bikin kapan2.. TRIms resepnya ya mba..

    ReplyDelete
  4. ahaaay, untung baca ini setelah berbuka puasa.
    hmmm, jadi pengen deeehh. pisang dikacangin eehh pakai Skippy pasti enak niih apalagi ada kurmanya juga :)

    ReplyDelete
  5. Namanya unik banget mba cimplung, jadi ini pisang dan kurma di pipihkan lalu di goreng ya.. rasanya bakal meriah banget itu.. dan tentunya memiliki nilai gizi yang sangat tinggi, karena pisang dan kurma keduanya kaya akan serat, jadi pas banget untuk penambah energi saat puasa ramadan

    ReplyDelete
  6. Lucu ya namanya, Cimplung, sekilas saya bacanya kecemplung hahaha

    kepo juga buka puasa pakai Cimplung dan Skippy, kalau kami biasanya Skippy itu dioles di roti hehehe

    ReplyDelete
  7. Ini pasti enak banget. Aku baru tahu lho ada makanan yg namanya cimplung ini

    ReplyDelete
  8. Mpo kirain apa cimplung ternyata kaya mpo seperti pisang goreng tapi pakai tepung beras. Mantap buat hidangan berbuka puasa

    ReplyDelete
  9. Inovasi keren nih buat cimplung. Di tempat saya cimplung makanan favorite jemaah mengaji. Kalau dibuat dengan campuran kurma dan skippy wah lebih enak lagi, makin disukai nih pastinya

    ReplyDelete
  10. Wah kayak enak banget, skippybmemang enak teksturnya lembut...

    ReplyDelete
  11. kreatif banget mbaa.. mau nyontek resepnya yaa.. boleh kan? hihi..
    kayaknya enak buat menu buka puasa..

    ReplyDelete
  12. Pisang dan kacang itu emang duo maut. Apalagi kalo dipakein coklat leleh, tambah endolita, sllrrpp!

    ReplyDelete
  13. wah sajian skippy jadi gak cuma roti lapis ya makasih inspirasinya mba boleh dicoba nih

    ReplyDelete
  14. Kita pembaca di blog yang sama ternyata, hihiii
    Aku malah belum mengeksekusi cimplung nya mba Diah Didi. Lihat ini makin ngiler deh, apalagi ada Skippy juga di rumah. Nunggu paksuami pulang dari kerja, masih 9 hari lagi, huehueee *LDRnya belum usai

    ReplyDelete
  15. Wah idenya enak nih biat cemilan habis tarawih. Mau nyoba ah bikin juga si cimplung ini

    ReplyDelete
  16. Bisa jd inspirasi nih...skippy sih aku digado aja suka bamger]

    ReplyDelete
  17. Kalau skippy aku digado aja suka hehe..enak sih apalagi diolah kyk resep ini...hmm pasti enak..

    ReplyDelete
  18. Huwaaa yummy
    Pengen juga ih bikin. Enkkk buat buka ntarm bikinnya simpel yab Mba. Bahan bakinya juga simple

    ReplyDelete
  19. Waduh, enak dan legit tuh kayaknya kalo ditambahn kurma dan selai kacang. Aku bikin cimplung biasanya cuma adonannya aja dikasih gula. Kudu nyoba bikin nih.

    ReplyDelete
  20. Motong pisangnya kaya motong wortel gitu, kak.. bentukannya?
    Aku belum pernah makan cimplung.
    Kebayangnya pisang goreng..
    Hehehe...

    Puasa...puasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ku potong bulat-bulat aja nih kak tapi ngga sempat difoto hehehe

      Delete
  21. Wah keren ya praktis buatnya dan bahannya pun ga banyak. Btw kalau skip py aku biasanya olesan roti aja sih sama kemarin baru bikin es krim dari skippy.

    ReplyDelete
  22. waaah, ini resep unik banget ya! jadi pengen cobaaaain deeh , makasih ya mba

    ReplyDelete
  23. Ulala enak banget ini Mba adonan cimplungnya
    belum pernah mama cimplung, baru denger nama cimplung

    ReplyDelete

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram