Langsung ke konten utama

Bela Negara dan Bencana

Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara (UUD 1945 Pasal 27 Ayat 3)
Upaya pembelaan negara dalam Undang-Undang tersebut secara tidak langsung masuk dalam kurikulum sekolah yang diimplemantasikan dalam pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Dari SD hingga perguruan tinggi saya masih memperoleh materi kewarganegaraan tersebut secara teori. Tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang ingin dicapai dalam materi ini pun beragam sesuai dengan kebutuhan setiap lembaga pendidikan.


Kelompok Mata Pelajaran Menurut Permendiknas No. 22 Ta-hun 2006 tentang Standar Isi  menyebutkan mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, serta peningkatan kuali-tas dirinya sebagai manusia. Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan. Jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, trang-gung jawab sosial, ketaatan pada hokum, ketaatan memba-yar pajak, dan siap serta perilaku antikorupsi, kolusi, dan nepotisme. (KEMENDIKNAS, 2008)

Dalam Penelitian yang dilakukan oleh Trisnowaty Tuahunse dengan judul Hubungan antara Pemahaman Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia dengan Sikap terhadap Bela Negara menunjukkan hasil yang positif. Semakin tinggi pemahaman sejarah pergerakan nasional Indonesia seorang siswa, semakin tinggi pula sikap bela negaranya (Jurnal Kependidikan,
Volume 39, Nomor 1, Mei 2009, hal. 1-10)


Bagaimana dengan pengetahuan bencana? 

Tahun 2010 Kemediknas telah menerbitkan surat edaran berkaitan dengan Pengarusutamaan Pengurangan Risiko Bencana di Sekolah No. 70a/SE/MPN/2010. Indonesia dengan letak geografisnya yang berpulau-pulau memiliki daftar sejarah bencana yang panjang dengan berbagai penyebabnya, gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus, banjir, wabah penyakit, kegagalan teknologi, kebakaran lahan, dan sebagainya. Pengetahuan bencana atau pengurangan risiko bencana berdasarkan Surat Edaran Kemendiknas bisa diintegrasikan melalui tiga cara, yaitu dengan mengintegrasikan dalam mata pelajaran, membuat mata pelajaran khusus (mulok), dan mengintegrasikan dalam ekstrakurikuler. 

Anak-anak adalah generasi yang akan membawa pengetahuan bencana yang mereka miliki di sekolah untuk diterapkan dan "ditularkan" pada lingkungan sekitarnya. Pengetahuan risiko bencana yang dilakukan mulai dari tingkat pendidikan dasar saya rasa tidak muluk-muluk karena bisa disiasati dengan beragam metode pembelajaran. Kearifan lokal yang ada di lingkungan tempat tinggal maupun sekolah pun bisa membantu meningkatkan pengetahuan siswa. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa integrasi pengurangan risiko Gempa Bumi dalam kurikulum pendidikan dapat diimplementasikan ke dalam beberapa mata pelajaran termasuk mata pelajaran pendidikan agama Islam, selain itu integrasi PRB ke dalam kurikulum juga ditempuh melalui kegiatan keagamaan, baik individual maupun kolektif (Novita Nugraheni, 2014)

Jika kita tidak tau bahaya di sekitar bagaimana kita dapat meningkatkan kapasitas diri untuk mengurangi risiko yang mungkin timbul saat bencana benar-benar terjadi. Sebagai bagian dari masyarakat, pengurangan risiko bencana harus kita dukung demi meminimalisasi dampak bencana.
Posting Komentar

Popular

Bikin SIM di Cibinong

Proses pembuatan SIM di POLRES Bogor (Jl. Tegar Beriman, Cibinong) ternyata nggak sesulit yg dibayangkan, tingkat kesulitannya ada pada pengendara kendaraan bermotor itu sendiri. Mampukah si pengendara motor ini melalui prosedurnya?
23 Mei 2014 langsung dateng ke POLRES Bogor bersama Ayah dan Adik yg juga mau bikin SIM C. Jangan lupa membawa map untuk simpan berkas fotokopi KTP yah! 

Lanjut ke loket pendaftaran SIM Baru, diarahkan untuk periksa kesehatan di wilayah POLRES juga, dengan biaya dua puluh ribu rupiah. Setelah selesai, menunggu di bagian uji praktek, lebih kurang jam sembilan pagi Pak Nandang memberikan arahan mengenai tata cara dan peraturan dalam ujian praktek. Harap memperhatikan peserta lain yg sedang uji praktek di lapangan ya!  Peserta bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan milik POLRES, perempuan mendapatkan kesempatan tiga kali dan laki-laki satu kali saja untuk penggunaan motor matic. Tes pertama adalah jalur putar balik (membentuk huruf U), kedua jalur zig…

Bikin SKCK di Gunung Putri

SKCK berlaku selama enam bulan, setelah enam bulan, jika masih diperlukan, Kamu bisa perpanjang. Hanya dengan membayar administrasi sebesar dua puluh lima ribu rupiah, bawa fotokopi KTP, SKCK yg akan diperpanjang, dan foto 4 x 6 sebanyak tiga lembar. Tak perlu berlama-lama SKCK kamu sudah jadi dehhh
Untuk pembuatan SKCK baru, Kamu bisa baca keterangan di gambar ya! jangan lupa bawa pulpen, bawa map juga boleh supaya berkas kamu rapi, minta formulirnya, dan langsung sidik jari sama petugas. Oh iya jangan lupa setelah jadi difotokopi dan dilegalisir, siapa tau kamu butuh salinannya.
Selamat membuat SKCK ;) 
UPDATE
sekarang lebih mudah bikin skck dengan daftar di web ini
http://daftarskckbogor.com/
atau
https://skck.polri.go.id/

Indonesia Peace and Security Center (IPSC), Sentul, West Java

IPSC merupakan kawasan yang menyatukan 7 (tujuh) lembaga, yaitu:
IPSC is an area that unites seven (7) institutions:

1. BNPT (Terrorism National Institution) 2. Standby Force  3. BNPB (Disaster Management Institution) 4. Universitas Pertahanan Indonesia (Indonesia Defense University) 5. Pusat Bahasa (National Language Center) 6. PMPP (Peacekeeping Mission Center) 7. Komite Olahraga Militer Nasional (Sports Committee of The National Military)

IPSC terletak di Jalan Anyar, Kecamatan Citeureup, Desa Tangkil, Bogor, Jawa Barat 16810. Dari Gunung Putri cukup mudah menempuh jalan kesana, secara umum gambaran letaknya bisa melalui arah Citeureup dan arah Jalan Raya Bogor.
IPSC is located in Jalan Anyar, Kecamatan Citeureup, Desa Tangkil, Bogor, Jawa Barat. 
From Gunung Putri quite easy to go there, generally via Pasar Citeureup (Tradisional Market) and via Jalan Raya Bogor (Highroad).

1. Dari Pasar Citeureup, lurus terus sampai di daerah Nutug, ada pom bensin (pertama) di sebelah kanan dan minimarket, b…