3 Channel YouTube untuk Belajar Agama Islam Sejak Masa Anak-anak 

Masa anak-anak merupakan hari-hari menyenangkan yang tak kenal waktu untuk bermain. Dalam kehidupan si kecil, aku selalu melihatnya gampang untuk bahagia, ketawa-ketawa, nggak lama setelah diomelin eh udah hepi lagi. Itulah dunia anak-anak yang aku lihat, cepat sekali memaafkan dan tingkah lakunya mudah sekali bikin hati kita luluh. Seiring dengan pertumbuhannya yang pesat, saat-saat bermain bersama aku berusaha menyisipkan pembelajaran agama sejak dini. Agar tak hanya perkembangan fisik dan mental saja yang optimal namun kecerdasan spiritualnya juga. 


Alhamdulillah di era perkembangan teknologi yang semakin canggih, para orang tua termasuk kami nggak kehabisan ide untuk berkegiatan bareng si kecil. Ragam alat bermain, printables, hingga tayangan pembelajaran seputar agama Islam sudah banyak dibagikan oleh berbagai website, kajian dakwah online, maupun akun media sosial termasuk YouTube. Ada beberapa channel YouTube yang menjadi favoritnya si kecil nih dan bisa direkomendasikan untuk anak-anak di rumah juga. 



Nussa Official

Channel YouTube satu ini mengisahkan tentang dua kakak beradik yaitu Nussa dan Rara yang mengajak anak-anak untuk bernyanyi dan mencontohkan hal-hal baik. Sang kakak laki-laki, Nussa, adalah seorang anak yang berkebutuhan khusus namun tetap semangat menjalani kehidupannya. Sementara sang adik perempuan, Rara, adalah anak yang lugu dan penuh banyak pertanyaan-pertanyaan cerdas. Tokoh-tokoh lain juga berperan penting dalam mendukung tayangan agar menjadi teladan yang bisa dicontoh anak-anak Indonesia. Judul-judul yang saya ingat diantaranya, Toleransi, Lagu huruf-huruf Hijaiyah, Berkata Baik, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Riko The Series

Memperlihatkan anggota keluarga yang lengkap, channel satu ini membungkus ciri khasnya dengan kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi. Segala pengetahuan yang dihadirkan bersumber dari ayat suci Al Qur'an. Bukan hanya anakku aja nih yang jadi pinter, tapi aku juga ikut nambah ilmu kalau lihat Riko The Series.


Yufid Kids

Tayangan anak-anak satu ini masih berhubungan dengan Yufid TV. Tokoh-tokoh yang ditampilkan berwujud faceless dengan penanaman ilmu agama seperti hari raya Idul Adha, Idul Fitri, Bulan Ramadhan, dan pembelajaran bahasa arab. Masya Allah mudah-mudahan tayangan-tayangan Yufid Kids bisa terus diperbaharui.


Dari tiga channel YouTube yang sudah ada, aku berharap semakin bertambah content creator yang menghadirkan pembelajaran agama sejak dini. Tontonan anak-anak pun menjadi lebih berkualitas dan orang tua juga terbantu dalam mendidik putra-putrinya. Insya Allah menjadi amal jariah juga dan senantiasa bermanfaat juga berpahala sebagai bekal di akhirat kelak.



No comments:

Post a comment

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram