Menghemat saat Hari Raya di Tengah Pandemi Corona

Penghematan saat lebaran kali ini tentu saja gampang banget dilakukan, tentunya dengan memisahkan pos-pos keuangan di awal saat menerima gaji dan THR. Tak mudik juga menjadi salah satu cara berhemat di lebaran kali ini. Biasanya kita mengeluarkan ongkos untuk bensin, makan di jalan, dan bagi-bagi rezeki di kampung halaman, kali ini uangnya bisa disimpan karena berlebaran disini aja. Pengeluaran terbesar saat hari raya memang saat mudik ke kampung halaman, kadang walau sudah budgeting tetap saja bocor sedikit-sedikit.

Lebaran tahun ini lebih hemat juga karena tak memasak makanan yang mewah. Tentunya lebaran bertiga aja jadi ya pesan aja ketupat dan opor cukup sekilo untuk kami saja. Kue lebaran pun tak sedia banyak karena bakal dihabiskan sendirian. Banyak sekali ya kan uang yang akan dihemat karena lebaran tak pulang kampung. Lebih berhati-hati juga saat memasak, jangan sampai kita membuang-buang makanan karena masih banyak orang-orang yang kelaparan akibat dampak wabah penyakit ini.

Kita pun harus berempati pada orang-orang yang tak memiliki pekerjaan. Orang-orang yang serba kekurangan untuk sekadar makan. Boro-boro mungkin mereka memikirkan perayaan lebaran, bisa memperoleh makanan untuk berbuka puasa saja mungkin sudah bersyukur. Segala sesuatunya tahun ini pasti terasa berbeda dan lebih sedih untuk saya pribadi. Tak ada salahnya lho kita meringankan beban mereka walau hanya dengan mengirim nasi atau masakan seadanya. Membuat orang lain bahagia tentunya akan membahagiakan kita juga ya kan.

Definisi bahagia memang tidak selalu soal uang namun tak dapat dipungkiri bahwa segala sesuatu harus dibeli dengan uang. Jika terpaksa harus membeli barang jangan lupa manfaatkan cashback atau potongan harga di hari-hari tertentu. Di minimarket biasanya kita juga bisa memilih barang-barang yang memiliki promo-promo tertentu. Cermat dalam mengatur keuangan dan lebih berhati-hati saat belanja. Food preparation selama satu minggu sepertinya harus dilakukan lagi setelah masakan lebaran habis tak bersisa! Biasanya lebih hemat dengan food preparation dan tak lagi bingung mau masak apa hari ini karena sudah dipersiapkan di awal pekan. Cobain deh! 

Okezone[dot]com

No comments:

Post a comment

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram