June 29, 2019

Sentuhan Cinta Johnson's: Tips dan Trik Memijat Bayi

by , in
Baru kali ini ajak si kecil ke acara khusus seusianya. Biasanya si kecil ku ajak berkegiatan bareng mam nya aja. Tapi di hari selasa kemarin, beda! Kelihatan banget si kecil senang dengan acaranya karena dia leluasa kesana-kemari berkenalan dengan bayi-bayi dan om juga tante lainnya. Mam nya sampe typo live tweet dan susah payah posting medsos karena doi belum bisa duduk manis kakakkk hahaha.



Berlokasi di Gran Mahakam, Johnson mempersembahkan sentuhan cinta untuk para ibu-ibu yang hadir. Ada bapak-bapaknya juga yang setia mendampingi. Atmosfernya beda banget karena baru bertemu lagi dengan teman-teman blogger dari sudut-sudut ibukota. Alhamdulillah aku bisa temu kangen sama Mbak Echa, setelah sekian purnama :')



Kenapa Pijat Bayi Penting?


Kami disambut oleh Ibu Devy Andrie Yheanne yang menyampaikan bahwa selama periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan adalah periode penting bagi bayi, periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya sampai bayi beranjak dewasa.  Tidak hanya nutrisi yang cukup, namun penting bagi bayi untuk mendapatkan afeksi melalui sentuhan Ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi. Ritual pijat bayi adalah momen spesial yang membangun ikatan antara ibu dan anak. Salah satu faktor paling penting untuk perkembangan bayi yang sehat dan bahagia adalah sentuhan penuh kasih dari ibu. Penelitian menunjukkan bahwa sentuhan dan pijat bayi rutin dari orang tua atau pengasuh adalah faktor yang krusial untuk pertumbuhan, komunikasi, serta proses belajar si kecil. Sejalan dengan target pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia, JOHNSON’S® memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta. Program ini mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas. 


Ibu Wynne Lukman menambahkan bahwa sentuhan cinta Johnson adalah program yang sudah ada sejak lama untuk menyiapkan generasi unggulan Indonesia. Di Indonesia, sejak tahun 1992 sudah mulai ada edukasi pijat bayi untuk anak. Di tahun 2017, Johnson juga memecahkan guinness world of record dengan peserta pijat bayi terbanyak. Pemecahan rekor dunia ini tidak lain untuk bisa menyebarluaskan informasi dan ilmu pijat bayi kepada seluruh masyarakat Indonesia. Memijat adalah cara yang menyenangkan untuk membantu mempererat ikatan ibu dan si kecil. Ini merupakan kunci untuk perkembangan bayi.



Pijat bayi biasanya dilakukan sebelum mandi dan sebelum tidur. Saat memijat bayi sebelum mandi, kita bisa menggunakan baby oil. Sebelum tidur malam, kita bisa memijat bayi sebelum tidur dengan baby lotion agar bayi lebih rileks dan tidur lebih nyenyak. Banyak peneliti dan ahli klinis percaya bahwa ikatan positif antara ibu dan anak dapat membantu anak dalam membentuk pondasi untuk hubungannya di masa mendatang.


Ibu dr. Bernie Endyarni Medise SpA(K), MPH melanjutkan bahwa perkembangan otak dan pertumbuhan fisik bayi ada di periode emas kehidupan. Ada empat perkembangan penting bagi anak yaitu gerak kasar, gerak halus, komunikasi berbahasa, dan kemandirian. Perkembangan ini didukung dengan bonding yang tercipta dengan ibu dengan berbagai aktivitas seperti mandi, mengganti popok, memberi makan, bermain, dan aktivitas lain. Manfaat lainnya dari pijat bayi adalah memperlancar pencernaan, peredaran darah, dan pernafasan. Bayi pun bisa tidur nyenyak, lebih awal, dan lebih lama. 


Teknik Pijat Bayi

Berhubung si kecil disana bahagia banget dan aktif sekali, jadi mam nya nggak bisa pijat langsung deh.  Mam cuma perhatikan gerakan-gerakan memijat yang dilakukan dan jangan lupa pilihlah waktu saat bayi sedang bangun dan sadar, tidak terlalu lapar atau kenyang. Jangan lupa cuci tangan dan melepas semua perhiasan yang digunakan ya!

Teknik pijat bayi ini sudah pernah saya lakukan sebelumnya saat si kecil masih berusia sekitar tiga bulan. Pijatannya dimulai dari wajah, dada, perut, kaki, hingga punggung dan tangan. Pijatannya dilakukan selembut mungkin dan tidak memaksakan jika bayi merasa tidak nyaman dengan pijatan yang kita berikan. Yuk Mam mulai pijat si kecil sejak lahir, sentuhan cinta ini sangat bermanfaat loh bagi tumbuh kembang si kecil. Jadi jangan ragu-ragu untuk memberikan sentuhan cinta melalui pijatan pada si kecil ya. Sentuhan cinta itu mudah kok dipelajari!


June 20, 2019

Kenapa Memanggil Mbak/Mas pada Saudara yang Berusia Lebih Muda?

by , in
Pertanyaan ini saya utarakan pada orang tua saat masih usia anak. Saya memiliki beberapa sepupu yang usianya sebaya dan lebih muda tapi wajib memanggil dengan sebutan mbak/mas. Saya merasa keberatan, saya juga merasa lebih "kota", lebih gaul, dan lebih update terhadap informasi pada masanya. Hati kecil saya benar-benar melawan.


Yah itu lah hierarki pada keluarga kami. Keluarga jawa yang ada di kelas menengah, bukan ningrat. Tiap lebaran, kami sungkem mulai dari Mbah yang paling tua sampai ke bude dan pakde juga sepupu-sepupu. Orang tua saya adalah pasangan anak yang paling buncit. Saya semakin nggak terima karena nggak ada tuh yang panggil saya dengan sebutan Mbak.

Tertanam rasa gila hormat sejak dini pada diri saya. Dari melihat cara silaturahmi kakak-kakaknya orang tua yang mengakar sejak mereka belum lahir mungkin. Tradisi leluhur yang dilestarikan dengan kaku dan gengsi?

Menikah dengan keluarga sunda tulen namun ada perbedaan cara hidup dengan sebagian besar orang sunda lainnya. Terpercik rasa nyaman dan tenang walau dalam pikiran saya masih ada benturan-benturan dengan tradisi yang diajarkan dengan orang tua saya. Alhamdulillah saya menikah dengan anak bungsu juga tapi rasa gila hormat pada diri saya perlahan memudar walau belum habis sepenuhnya.

Keluh kesah anak ragil yang sering digaungkan orang tua saya, jauh berbeda dari yang dikisahkan suami. Ternyata kita memang tidak bisa menyamaratakan keadaan, sama bungsunya belum tentu sama nasibnya. Dekat jaraknya belum tentu tulus kasih sayangnya. Jauh lebih baik mungkin.

Lain lagi cerita tentang saya yang merasa aneh ketika memperkenalkan kakak sepupu ke anak sendiri, karena mereka minta dipanggil sesuai nama panggilan mereka pada anaknya sendiri. O o o... apakah ini yang disebut kebarat-baratan dan tidak lagi mau mengakui panggilan sesuai tradisi. Njelimet ya beragam suku bangsa dan tradisi itu. Di satu sisi bangga di sisi lain...

Tak ada kesimpulan pada paragraf panjang ini.


Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram