Hal yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Punya Anak

by - Februari 06, 2019


Judul yang sangat sok tahu.
Untuk orang tua baru alias mamah muda macam aku ini, hal-hal yang dilakukan sebelum punya anak aku sadari setelah memiliki buah hati. Berdasarkan pengalaman 'cetek' beberapa bulan ini.

Pernah juga posting hal-hal yang dilakukan sebelum menikah. Mungkin berguna untuk pembaca.

Setelah punya bayi, saya sadar waktu saya dirampas paksa. Waktu untuk tidur, waktu untuk makan, waktu beribadah, waktu untuk mandi, dan waktu-waktu lain yang harus dihabiskan berdua dengan si kecil. Saat si kecil tidur, waktu utak-atik handphone seperti saat ini nikmat banget. Kalau lagi ngantuk berat ya ikut tidur juga sih.

Jadi sebelum punya anak, manfaatkan waktu dengan maksimal, karena setelah ada bayi biasanya jadwal kita mengikuti jadwal si kecil.

Berlapang dada, ini hal yang masih saya pelajari. Saat anak sakit, kita yang salah. Saat anak jatuh, kita yang salah. Saat anak nangis, kita yang salah. Bukan kita sih yang sering menyalahkan diri sendiri, tapi orang lain terutama orang terdekat.

Sabar, sabar, dan sabar. Perlu banyak-banyak sabar supaya setelah punya anak nggak main pukul, main banting, main lempar, main tendang, dan main-main yang lain sehingga bisa membahayakan anak. Fyuh *usap dada*

Menghidupi anak ya memang secara harfiah begitu adanya, membuat anak kita hidup dengan pola asuh yang kita berikan. Anak hidup dari air susu ibu, kalau dikasih susu formula memangnya anak bisa seduh susu sendiri?

Merangkak, merambat, berjalan, berlari, semua tahapan yang anak lalui akan menjadi bekal sampai dia bisa berdikari.

Semua ada ada masanya, masa-masa nempel terus maunya lengket kaya prangko. Hingga akhirnya tumbuh dan nggak mau ikut orang tuanya kemana-mana. Enjoy it!

Ask: emang prangko masih ada?

Di luar sana ada saudara, sahabat, teman, tetangga yang hari demi hari mungkin mendambakan buah hati. Alhamdulillah

Semoga bermanfaat!


You May Also Like

0 komentar

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)