Perpanjang SIM C di Cibinong: Ibu yang Mau Bawa Anaknya Wajib Baca

by - Januari 21, 2019

Bismillahirrohmanirrohim...

Bulan depan SIM C saya habis masa berlakunya, berhubung saya masih mempunyai bayi di bawah satu tahun dan merawat tanpa bantuan pengasuh khusus jadi saya harus perpanjang SIM sebelum batas waktu berakhir. Khawatir kalau terlalu 'mepet' ada keperluan tak terduga, karena jika melewati batas waktu harus mengikuti prosedur pembuatan SIM baru. Tentu saja butuh usaha lebih untuk itu hahaha.

Ini kali kedua saya datang untuk memperpanjang SIM, kedatangan pertama saya terlambat karena penyerahan berkas perpanjang SIM hanya dari pukul 08.00-09.00 WIB.

Baca: Bikin SIM di Cibinong


Apa Saja yang Perlu dibawa?

1. Fotokopi KTP satu
2. Fotokopi SIM satu
3. Surat Keterangan Sehat
4. Map


Di Polres Bogor, Cibinong, Semua persyaratan yang perlu dibawa bisa diperoleh. Namun untuk fotokopi KTP dan SIM lebih baik disiapkan sebelum berangkat, salah satunya karena KTP mu akan diminta di pos jaga lalu ditukar dengan kalung tanda pengenal tamu. Menurut supir ojek online, surat keterangan sehat bisa dibuat di Puskesmas.


1. Beli Map

Berhubung map yang saya bawa warnanya salah, saya diarahkan beli map warna biru untuk perpanjang SIM C. Tempatnya di dalam polres, di samping masjid dan masih dalam lingkungan polres. Ini enaknya urus SIM di Polres Bogor, Cibinong, sudah tersedia dan tak perlu bingung cari-cari yang dibutuhkan di luar lingkungan polres.

2. Surat Keterangan Sehat

Lokasinya berhadapan dengan tempat fotokopi dan tempat pembayaran asuransi. Biayanya tiga puluh ribu rupiah.

3. Bayar Asuransi

Tempatnya bersebelahan dengan tempat fotokopi. Biayanya tiga puluh ribu rupiah juga.

4. Loket Perpanjang SIM

Berkas diterima hanya sampai pukul 09.00 WIB. Menuju lokasi ini melewati petugas yang membagikan tanda pengenal kedua bertuliskan perpanjang SIM.

Tempat ini, 5 tahun lalu digunakan untuk tempat pembuatan SIM baru. Sekarang beda, di pojok tersedia juga ruang bermain anak. Wah jadi tambah nyaman.


5. Bayar Biaya Perpanjang SIM

Setelah berkas diserahkan, nama-nama dipanggil untuk membayar biaya sebesar tujuh puluh lima ribu rupiah. Petugas pun menyerahkan formulir yang harus diisi, jangan lupa membawa pulpen ya! 



6. Foto dan Tunggu SIM Baru

Formulir yang telah diisi diserahkan lagi ke petugas dan tunggu nama kita dipanggil untuk foto, sidik jari, dan tanda tangan. Perempuan yang membawa bayi diprioritaskan lho! Selesai foto tunggu nama dipanggil petugas untuk menerima SIM yang sudah jadi.

Mudah kan?

Untuk ibu-ibu yang membawa anak bayi yang masih menyusu langsungl saranku ajak pendamping. Khawatir si kecil rewel jadi bisa gantian gendong dan bisa gantian saat foto juga. Kalau kurang nyaman, pendamping dan si kecil bisa tunggu di masjid dalam polres.

You May Also Like

2 komentar

  1. Senada dg pengalaman saya saat perpanjang SIM tahun lalu.. cepat dan lancar. Alhamdulillah ya mba...

    BalasHapus

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)