October 26, 2020

Memilih Produk Kosmetik dan Skincare dengan Cermat

by , in

Aku pernah ada di masa seneng banget coba-coba kosmetik, mulai dari lipstick, eyeliner, mascara, eye shadow, blush on, dan semuanya dipake pas hadir undangan pernikahan aja. Alhasil menumpuk deh sampe masa kadaluarsanya habis. Katanya sih masih bisa disumbangkan ke orang-orang yang suka mendandani jenazah tapi pada akhirnya aku buang semua kosmetik yang sudah habis masa kadaluarsanya. Setelah punya anak dan masuk usia kepala tiga, baru deh mulai mikirin lagi untuk merawat penampilan khususnya kulit wajah. Sebenernya dari masih single, kulit wajahku bukan tipe yang sensitif atau gampang jerawatan. Cuma sekarang menyayangkan aja kenapa aku lebih dulu kenal kosmetik dibandingkan skincare. 


Pas masih sekolah orang yang paling rewel alias peduli banget sama kulit wajahku ya ibu. Beliau selalu mengingatkan untuk pake pelembab sehabis mandi. Sampai kuliah ibu tuh selalu menyarankan aku untuk pake produk-produk pencerah kulit supaya nggak kusam & kucel gitu. Orang rumah bilang sih aku nih udah mandi atau belum itu nggak ada bedanya. Akhirnya aku pake produk Meco Pearl Cream yang masih simpang siur kandungan bahan-bahan berbahayanya, selama beberapa tahun sampe akhirnya melahirkan. Setelah punya anak nih mulai deh mencari-cari dan sedikit-sedikit mengenal produk-produk yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Sekarang aku makin sadar kalo beli produk kosmetik itu harus CEKKLIK sesuai anjuran BPOM RI


CEK KEMASANNYA 

Kita sebagai pembeli harus memastikan kalau kemasan produk yang kita beli dalam kondisi yang baik dan ini berlaku tidak hanya untuk produk kosmetik aja lho. Produk makanan dan minuman juga, apakah kemasannya bocor, menggembung sehingga tidak layak pakai atau konsumsi. Biasanya produk-produk yang masih aman digunakan itu tersegel dengan baik dan tertutup rapat kemasannya. 

CEK LABEL

Saya termasuk orang yang jarang membaca label produk secara detail. Padahal biasanya di label produk yang baik itu menginformasikan bagaimana cara menggunakannya, kapan dibuatnya, termasuk juga bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Apa ada yang sama seperti saya? Hehehe

Mama's Choice

Baca selanjutnya: Skincare Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui


CEK IZIN EDAR

Produk resmi itu beredar di pasaran melalui izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI atau dinas kesehatan setempat. Sebelum memberikan izin edar, BPOM tentunya melakukan serangkaian kajian, termasuk efektivitas dan keamanan produk. Jadi nomor registrasi ini penting untuk mengetahui keamanan produk yang akan kita beli.

CEK KADALUARSA 

Tanggal kadaluarsa ini sering banget aku lupa untuk cek saat beli. Pas sampai di rumah baru deh ketauan kalo produk yang ku beli itu sudah kadaluarsa. Seringnya sabun pencuci pakaian yang ku beli kurang teliti karena terburu-buru dan asal diskon saja. Nah untuk kosmetik biasanya karena dipakai hanya untuk acara tertentu saja jadi sering kelupaan kalo kosmetik itu sudah kadaluarsa bahkan ada beberapa tanggal kadaluarsa yang sudah terhapus.

Merawat kulit bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berbagai mitos tentang cantik itu harus putih sebenarnya harus dihilangkan di masyarakat. Kulit sawo matang, khas perempuan Indonesia, faktanya memiliki banyak kelebihan lho. Salah satunya bisa lebih melindungi kita dari dampak buruk sinar matahari. Kecantikan seorang perempuan juga tentunya tidak hanya dilihat dari luar saja tapi dari dalam. Kebutuhan air yang cukup, tidak gampang stress, dan pola makan yang sehat termasuk dalam upaya kita merawat kesehatan kulit dari dalam. Mbak Analisa Widyaningrum juga menyampaikan bahwa kosmetik seharusnya tidak hanya soal industri  dan pemberitaan media saja, namun dimulai dari lingkungan keluarga yang menumbuhkan rasa percaya diri seorang anak. Kecantikan alami akan terpancar dari dalam diri karena rasa percaya dirinya muncul sehingga bisa berkarya tanpa perlu mengkhawatirkan hal-hal yang tidak ada dalam diri mereka. 

BPOM

Bagi pembaca yang masih senang coba-coba kosmetik karena ingin terlihat lebih cantik dan menarik dalam sekejap, perlu berhati-hati. Jangan sampai jadi korban kosmetik abal-abal. Kalau sudah menjadi korban dari produk tersebut, langsung saja laporkan melalui aplikasi yang bisa diunduh diplaystore. Aplikasi Eskosbpom merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh pelaku usaha, tenaga kesehatan serta masyarakat umum untuk melaporkan kejadian efek samping kosmetik serius dan non serius. Pelaporan yang dapat dilakukan melalui aplikasi meliputi laporan efek samping kosmetik, laporan produk pewarna rambut, dan laporan distribusi AHA.

Eskosbpom

Gimana nih? masih merasa minder karena merasa kurang cantik? kurang putih? dan kurang kinclong? Mending buang deh keraguan itu sekarang karena Tuhan tentu menciptakan kita dengan banyak anugerah yang patut disyukuri. Kulit yang cantik dan sehat adalah dambaan semua wanita Indonesia. Perlu disadari bahwa negara kita yang tropis ini tentu memunculkan berbagai pancaran kecantikan dalam diri perempuan Indonesia. Sudahkah memancarkan kulit sehatmu?


October 24, 2020

Disinfektan Spray Aman untuk Anak, KO Virus Jawabannya!

by , in

Sejak awal tahun berita coronavirus santer diberitakan di negeri orang. Hingga akhirnya sampai di negeri sendiri, kami pun ikut menghadapi walau dengan persiapan seadanya. Aktivitas di luar rumah pun kami kurangi, pergi keluar rumah berusaha selalu menggunakan masker, tidak pergi dengan jarak yang jauh, juga dalam waktu yang lama. Segala ikhtiar dilakukan termasuk menyemprotkan disinfektan di lingkungan rumah yang diinisiasi pak RT.


Pandemi ini membelalakkan mata kita untuk senantiasa melakukan pola hidup bersih dan sehat. Berbagai istilah yang muncul selama wabah ini mendarat di Indonesia pun sebisa mungkin dipahami dengan baik. Biasanya kita di rumah bisa cuci tangan pakai sabun, saat terpaksa keluar rumah pun harus sedia hand sanitizer walau sekarang di berbagai tempat umum sudah tersedia. Cairan yang digunakan untuk membasmi kuman dan virus pun mulai bermunculan demi mencegah tertularnya virus COVID-19. Masker, hand sanitizer, desinfektan mulai langka dan dicari orang sehingga bermunculan cara-cara pembuatan salah satunya dengan mencampur cairan pemutih pakaian dengan air untuk desinfektan.



Di masa adaptasi kebiasaan baru ini, alhamdulillah si kecil yang masih batita pun sudah paham cuci tangan dengan sabun karena dia suka banget main air jadi sedikit-sedikit si kecil minta cuci tangan sampai baju dan celananya pun ikut basah. Lebih bersyukur lagi karena barang-barang esensial yang mulai kita pergunakan sehari-hari seperti masker, hand sanitizer, dan desinfektan berangsur kembali dengan harga normal dan bukan lagi barang yang sulit ditemukan. Hampir dimana-mana kita familiar dengan orang-orang yang berjualan masker, hand sanitizer, dan desinfektan. Termasuk MOOIMOM yang turut andil merilis produk desinfektan yang tentunya harus aman digunakan untuk ibu dan anak.


K.O. (Knock Out) Virus desinfektan spray hadir nggak bikin khawatir karena diproduksi tanpa alkohol namun disempurnakan dengan HClO (Asam Hipoklorit) yang efektif membunuh kuman, virus, bakteri, juga bau tidak sedap. K.O Virus desinfektan spray ini aman digunakan bahkan saat bersentuhan langsung dengan si kecil karena  tidak berisiko membuat alergi atau iritasi pada kulit anak. Ukurannya yang mungil yaitu 100 ml dibandrol dengan harga Rp 99.000,- praktis dibawa kemana aja dan nggak bikin kantong bolong. Kandungan HClO dalam K.O. Virus desinfektan spray ini lebih efektif lho dalam DNA/RNA inti pada kuman, bakteri, hingga virus sehingga tidak dapat berkembang biak sama sekali pada permukaan yang terkena HClO.


Cara pakainya pun gampang banget, langsung semprotkan aja K.O. Virus Desinfektan Spray yang formulanya cepat meresap ini dengan jarak 5 - 10 cm ke berbagai permukaan yang ingin disterilkan seperti tempat tidur si kecil yang tak boleh luput dari perhatian. Berhubung anakku masih suka tidur siang dan tempat tidur kadang menjadi tempat untuk dia membawa mainan-mainannya juga, tak menutup kemungkinan tempat ini bisa menghasilkan kuman yang lebih banyak apalagi sering disinggahi dan jadi tempat bercengkrama dengan si kecil. Sprei, sarung bantal, dan guling bisa kita cuci bersih dengan sabun namun lain halnya dengan kasur, bantal, dan guling yang tak bisa masuk mesin cuci sehingga perlu disemprot desinfektan. 



Mainan si kecil pun perlu dijaga kebersihannya, anakku sudah bisa diajak kerjasama nih saat membersihkan mainannya. Biasanya mainan-mainan yang sering digunakan lebih rutin kami bersihkan untuk menghilangkan kotoran dan kuman yang menempel. Walau lebih sering main di dalam rumah dan jarang banget anak tetangga masuk ke rumah tapi tetap harus diperhatikan. Biasanya mainan yang besar dan bisa dinaiki seperti mobil-mobilan dan kuda-kudaan juga sepeda dibersihkan dan disikat menggunakan sabun.


Nah nggak hanya barang-barang milik si kecil aja nih yang mendapatkan perhatian, handphone dan laptop yang sering digunakan apalagi di masa Work from Home ini juga harus rajin dibersihkan sebelum digunakan karena intensitas pemakaiannya yang rutin dan hampir setiap hari. Sebelum dibersihkan, laptop dan handphone pastikan dalam kondisi mati dan tidak sedang mengisi daya baterai ya. Semprotkan K.O. Virus Disinfectant Spray pada permukaan laptop dan handphone kemudian dilap menggunakan tisu. Kalau peralatan kerja bersih, kita pun merasa nyaman dan aman saat menggunakannya ya kan. 


Bagi pembaca terutama ibu-ibu seperti saya yang masih harus beraktivitas di luar rumah jangan sampai ketinggalan bawa desinfektan spray kemanapun pergi. K.O. Virus Desinfektan Spray ini sudah praktis, kemasannya cantik, bener-bener memudahkan kita deh untuk selalu menjaga diri agar tidak terpapar virus, bakteri, dan kuman. Kandungan HClO (Asam Hipoklorit) ini adalah satu-satunya senyawa klorin yang bisa membunuh kuman tanpa menyebabkan efek alergi dan iritasi pada kulit lho! Lubang spray K.O. Virus Desinfektan Spray juga dirancang khusus agar cairan HClO bisa menyebar secara merata, nggak gampang seret, dan macet juga. 


Jangan bimbang dan ragu lagi yah! Sudah ada pilihan desinfektan yang aman untuk kita, terutama si kecil. K.O. Virus Disinfectant Spray ini bisa beli di website www.mooimom.id ya!. Yuk sama-sama kita jaga diri dan tetap waspada karena penyebaran virus benar-benar tak kasat mata. Semoga upaya kita melindungi diri dan keluarga yang dibarengi dengan kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan membuahkan hasil yang manis. Tentunya demi kesehatan kita semua ya, tetap semangat lawan virus corona, jangan kasih kendor ya!



October 10, 2020

Online Blogger Gathering: Peduli Hutan Indonesia

by , in

Bersyukur sekali rasanya bisa terpilih di antara 30 orang blogger yang ikut memeriahkan online gathering bareng @bloggerperempuan dengan tema "Melestarikan Hutan Lewat Adopsi Hutan". Acaranya dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya lho, masih inget nggak kapan terakhir kali temen-temen menyanyikan lagu ini? Suasana online gathering nya jadi khidmat banget deh. Kak @rianibram yang jadi pemandu acara ini pun bikin suasana makin semarak. Biasanya lihat di Televisi nasional aja ya kan, sekarang bisa online bareng.

hutan indonesia

Terselenggaranya event ini salah satunya dengan harapan bisa semakin menumbuhkan rasa cinta kita kepada Hutan Indonesia. Rasa cinta itu bisa dibuktikan secara nyata dengan adopsi hutan sehingga saling membantu berupa dana donasi. Dengan mengadopsi hutan, tentu saja kita ikut membantu orang-orang yang menjaga hutan dan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan. Sebelum sharing session dimulai pun kita diajak main games seru lho supaya lebih konsentrasi ya kan menyimak cerita-cerita dari para narasumber.

hutan Indonesia

Menjaga pohon-pohon di hutan agar fungsi ekologisnya terjaga ya salah satunya dengan adopsi hutan karena melalui pohon asuh ini, kita bisa membantu masyarakat adat dan lokal agar hutan terlindungi dari deforestasi.  Dengan pohon asuh, hutan tetap terjaga, masyarakat bisa menjaga kawasan hutan, dan kesejahteraannya pun meningkat. Hutan Indonesia memang sedang tidak baik-baik saja terlebih lagi di masa pandemi sekarang ini yang dimanfaatkan oleh para perambah liar saat petugas dan penjaga hutan lengah karena fokus mengatasi virus corona, hutan-hutan di Bogor yang seharusnya menjadi daerah resapan air berubah menjadi penginapan, dan masih banyak lagi kerusakan lainnya. Dengan cara berbagi inilah kita setidaknya sudah berbuat sesuatu untuk hutan Indonesia. 

Mas Irham Hudaya dari @leuserconservationforum juga bercerita tentang Hutan Leuseur di Aceh dan berbagai ancaman-ancaman yang dihadapi seperti illegal logging. Keanekaragaman hayatinya yang beranekaragam menjadikan Kawasan Ekosistem Leuser sebagai kawasan penyangga TN Gunung Leuser yang menjadi salah satu warisan dunia UNESCO. Disana juga ada Stasiun penelitian Soraya yang menjadi salah satu tempat penelitian keanekaragaman hayati flora dan fauna yang dilindungi. Stasiun Soraya juga memiliki potensi ekowisata yang beragam lho seperti kegiatan menelusuri hutan, arung jeram atau rafting di sungai Alas, selain itu kita juga bisa berkunjung ke titik-titik air terjun di sekitar Stasiun Soraya.

stasiun soraya

Kak @satyawinnie pun mengajak kami jalan-jalan virtual ke Desa Ketambe, salah satu wilayah di Aceh Tenggara yang menghadirkan paket komplit untuk berwisata alam mulai dari air panas, juga flora, dan faunanya yang beranekaragam. Ketambe merupakan alternatif untuk masuk ke Taman Nasional Leuser. Menuju Ketambe juga lebih mudah dari Medan atau Kutacane, sebuah kota dekat ke Ketambe. Desa Ketambe ini cakupan wilayahnya tidak terlalu luas sehingga bisa dijelajahi dalam waktu yang singkat.

desa ketambe

Pengalaman online gathering kali ini begitu berharga untuk saya karena lebih membuka mata saya untuk mencintai dan ikut melestarikan kekayaan alam Indonesia. Kami juga para blogger diharapkan terus mengkampanyekan tulisan-tulisan yang menggugah pembaca agar peduli dengan keberlangsungan hutan di Indonesia. Dengan demikian kepedulian kita terhadap alam pun semakin terasah. Hutan sebagai salah satu penyangga kedihupan sudah sepatutnya dijaga agar janggan sampai musnah. Yuk mari lestarikan kekayaan lingkungan dan ikut jaga hutan untuk anak cucu nanti.

View this post on Instagram

Lagi ikutan online gathering bareng @bloggerperempuan nih . Ngobrolin tentang pelestarian hutan lewat adopsi hutan. Sebenernya kalo kita ikut serta dalam program adopsi hutan ini, sama aja kaya kita punya anak yang berupa pepohonan di hutan lho. . Seru deh obrolan kali ini diawali dengan games konsentrasi gitu dipandu kakak @rianibram 😂 . Lanjut ngobrol bareng kak @irham94, kak @satyawinnie, & kak Tian.. diajak jalan-jalan juga lihat hutan-hutan yang ada di Indonesia. Ada desa ketambe, air yang jernih, orang utan yang lagi bergelantungan di pohon, & masih banyak lagi kawasan lainnya. . Yuk kita jaga dan lestarikan bersama kekayaan alam di Indonesia yang beranekaragam ini ❤ . PS. Ada danbo lho lagi pake masker di slide terakhir hihihi . Special thanks buat yg fotoin & ngasuh bocah hahaha @keluarrumahproject . #HIIxBPN #AdopsiHutan @bloggerperempuan @hutanituid

A post shared by Gioveny (@gioveny_) on



Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram