Membantu Sesama, Meringankan Beban Mereka


Dari Twitter 
Dalam podcast pak suami yang baru menetas di awal bulan, ada seseorang yang mengirimkan pesan ke akun instagramnya. Singkatnya beliau ingin bersuara sebagai pekerja event yang juga terdampak corona. Ya, sesulit itu mencari uang di masa pandemi ini. Hidup yang semula bebas keluar masuk uang, sekarang ini harus diprioritaskan dengan matang. Saya pun sadar, bukan hanya ojol yang harus dipikirkan, namun banyak mereka di luar sana yang luput dari perhatian karena memilih diam dan berusaha maksimal untuk makan.


Dalam podcast itu, suara di seberang sana menganjurkan agar kita mulai lebih peduli pada kawan-kawan yang sedang berjuang demi sesuap nasi untuk hari itu. Mereka yang sudah tidak ada pekerjaan seperti pekerja event, mulai menjual barang-barang bahkan aset miliknya. Beliau adalah satu dari sekian banyak orang yang dari hari ke hari harus tetap memupuk semangat untuk bangkit menghadapi kenyataan.

Membantu tetangga, meringankan bebannya sesederhana berbagi masakan. Apalagi kalau kita tau tetangga baru saja dirumahkan, tak lagi berdagang, atau sepi pembeli. Daripada share di media sosial, bukankah lebih baik kita bagi tetangga langsung. Walau hanya sepotong tahu dan kuah sayur namun setidaknya kita peduli kebutuhan utama mereka. Tetangga itu saudara kita yang paling dekat ya kan, sahabat terbaik di sisi Allah adalah tetangga. Jaga terus ya keharmonisannya.


Mulai berdonasi pada masyarakat terdekat dari tempat tinggal, terutama yang terdampak virus corona. Menurutku pribadi, nggak perlu jauh-jauh donasi untuk orang-orang yang ada di seberang pulau maupun di ujung benua. Perhatikan aja dulu sekeliling kita, nah untuk yang tinggal di daerah cibinong bisa disalurkan melalui Relawan Cibinong. Cek langsung ke akun instagramnya ya, banyak kegiatan positif yang mereka lakukan untuk membantu orang lain.

Dari hari ke hari berita virus corona ini nggak ada habisnya, mudah-mudahan rezeki kita pun nggak habis-habis ya untuk membantu orang lain, aamiin. Insya Allah kalau kita membantu orang lain maka kebaikan itu akan kembali pada kita lagi, mungkin nggak dibalas di dunia tapi dihitung pahala sebagai bekal di akhirat kelak.

1 comment:

  1. Saya baru melakukan dua dari tiga cara di atas.

    Berbagai masakan ke tetangga, insyaAllah segera dicoba :)

    Terima kasih mbak!

    ReplyDelete

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)

Mom Blogger

Kumpulan Emak Blogger

My Instagram