Tuesday, 11 December 2018

Mau Part-time atau Full-time?

Awalnya, setelah lulus kuliah, aku memilih bekerja sebagai blogger full-time. Tiap ada undangan event selalu hadir, blognya selalu update, tapi jam kerja dan uang yang diperoleh tidak bisa dipastikan. Menurutku pribadi nggak masalah, tapi ibuku punya pendapat yang berbeda. Beliau masih suka lihat anaknya pergi pagi pulang malam untuk mencari penghasilan, gaji dan jam kerjanya teratur, anaknya nggak menghadap handphone dan laptop terus. Akhirnya aku mengurungkan niat menjadi blogger full-time.

Setelah bekerja, aku menjadi blogger part-time. Masih senang hadir ke undangan event blogger dan review produk-produk. Menikahlah aku dengan seorang blogger juga :)

Dipikir-pikir nggak mungkin aku menjadi full-time blogger karena prioritas utamaku sekarang bukan itu. Ada suami dan anak yang harus disayangi serta dilayani kebutuhannya. Alhamdulillah suami masih mendukung kegiatan blogger sewaktu-waktu jika ada undangan. Aku sadar diri aja, setelah punya anak membatasi dulu acara-acara blogger yang jauh dari tempat tinggal. Sebenarnya dalam hati kepengen banget, tapi disabarin aja shay, karena pekerjaan yang sesungguhnya adalah mengurus rumah yang kerjaannya nggak habis-habis dan nggak ada bel pulangnya hahaha.

Salut sama temen-temen blogger yang masih bekerja dan masih aktif blogging juga. Ikut lomba, datang ke event, dan review, aku yakin semuanya dilakukan nggak semata karena uang. Kalo dilakukan karena uang aja, pasti nggak pernah puas. Beda dengan blogger yang memilih cari nafkah sebagai full-time blogger, karena kebutuhan utamanya mencari uang ya segala kegiatan per-blogger-an dijalani.

Aku merasa menjadi blogger full-time atau part-time akan menjadi pekerjaan yang abadi di masa depan, karena sebenarnya posting blog itu kan suka-suka. Mau di monetize atau tidak, itu juga terserah pemiliknya. Platform blog pun ku rasa akan semakin banyak tersedia, nggak hanya blogspot dan wordpress. Kalo lihat kisah sukses blogger yang bisa sampe melunasi rumah dan membantu perekonomian keluarga, itu aku speechless sih… kok bisa? Keren dan harusnya membuatku terpacu ya? Hahaha

Aku memang masih setengah-setengah, posting blog hanya sebagai hiburan dan bukan prioritas utama untuk cari uang. Buat temen-temen yang baru mulai blogging, santai aja… nanti juga ketemu asiknya :)

2 comments:

thank you for stopping by dear, your comment will create happiness :)