#TemuBloggers di Tokopedia

Tokopedia yang selama ini mungkin orang banyak tau hanya sebuah platform alias situs jual beli online ternyata kantornya beneran ada lho di Jakarta! ah.. masa iya? Iya lho tenan!

Semua orang tidak hanya di kota besar, bahkan di kota kecil sekalipun semua orang aktif menggunakan internet alias generasi internet. Semua pertukaran informasi termasuk belanja bisa melalui internet. Tokopedia tidak menjual produk dan tidak punya gudang, tokopedia hanya memfasilitasi penjual dan pembeli yang ingin bertransaksi online. Tokopedia berusaha menjembatani wirausaha dan konsumennya bertemu. 



capture by @winahyuhapsari

percaya kan sekarang? hahaha.. kantor tokopedia ini berlokasi di tower 77 sebrangnya pusat perbelanjaan modern slipi jaya. Untuk pengguna kereta api bisa naik kereta turun stasiun tanah abang terus lanjut taksi atau bajay. Bisa juga naik transjakarta turun di shelter Slipi Kemanggisan, setelah shelter slipi petamburan ^^


Tokopedia sudah berumur enam tahun, dari tahun ke tahun terus berkembang. Produk yang pertama dijual adalah kaos bertuliskan "Kami Tidak Takut" bertepatan dengan kejadian bom JW.MArriot 17/8/2009. Tahun 2012, tokopedia mendapatkan investasi dari Jepang. Chelse Islan dipilih pun menjadi grand ambassador dan untuk saat ini Isyana Saraswati. Ada panggilan khusus untuk teman-teman yang bekerja di Tokopedia yang artinya lebih dari teman, berbeda-beda tetapi mempunyai mimpi yang sama. 

Kantor tokopedia ada di beberapa lantai, ada lantai 2, lantai 6, lantai 18, dan lantai 23 *koreksi ya kalo salah* naik turun lift untuk berkunjung ke lantai-lantai tersebut sempet bikin aku mual euy hahaha
selalu ada pohon abadi di tiap ruang kantor

say peace mas

Tapi main ke kentor tokopedia nggak jenuh sih, karena bukan kantor biasa. Banyak banget spot-spot yg bikin pegawainya mau berlama-lama di kantor hahaha 


mabok lift
sendiri aja mbak? 
sebelum kita keliling-keliling kantornya Tokopedia, ada sharing session bareng mbak riri & mas frans seorang SEO specialist and Blog enthusiast bertema "Find place in people's heart" can we?

Blog di Tokopedia berguna untuk menjangkau pembaca di seluruh nusantara. Beragam artikel dibahas di blog tokopedia seperti event dan info-info seller tokopedia yg sukses. Mas Frans juga mengasuh blognya tokopedia lho. Kalo kita pengen punya blog, kita harus tau konten blog kita mau diarahkan kemana, misalnya tentang keluarga, resep masakan, teknologi, dll. Hari ini kita tulis, bagaimana prospek beberapa tahun ke depan? apakah bermanfaat untuk orang lain?

Kita juga harus mengenali trend, paling gampang kita bisa liat dari trending topik di twitter dan google trends di google.co.id/trends. Untuk mengkaitkan sebuah trend dari tahun ke tahun, kita bisa membuat postingan bermanfaat yg sama dari tahun ke tahun seperti topik tentang hari kartini. Sebuah konten sebisa mungkin memuat artikel itu sendiri, gambar, dan tambahan video. Search engine lebih mudah membaca teks dibandingkan grafis.

google trends
Sharing blog itu harus ditujukan kepada dua jenis pembaca yaitu pembaca loyal dan pembaca selewat saja. Kalo ada pembaca yg komen diblog kita itu namanya pembaca loyal, jangan lupa dibales ya komennya. Bersemangatlah dalam membuat postingan sehingga pembaca juga tertarik untuk membaca postingannya. Bangunlah blog kita yang menggambarkan talenta si pemilik blog.

Sharing selanjutnya dari Mbak Riri yang fokus ke beauty blogger di sweetlikeapeach.com. Awal kerja di tokopedia sekitar empat tahun yang lalu. Dari yang nggak ngerti blogging itu apa sampai akhirnya ikut forum Indonesian Beauty Blogger. Secara nggak sadar Mbak Riri keasikan sendiri jadi beauty blogger dan sekarang aktif di Indonesian beauty Vlogger. Mbak Riri pengen blognya dibaca oleh semua kalangan nggak hanya perempuan tapi laki-laki juga. Kolaborasi dalam ngeblog juga penting, Mbak Riri minta temennya ngereview gimana sih rasanya punya temen beauty blogger. Jangan lupa bikin postingan yang anti mainstream, seperti tips and trick memanfaatkan kuas, tips menghemat batre, dll. Blogwalking ke blog teman yg udah mampir ke blog kita itu juga penting.

Blogger diibaratkan sebagai brand ambassador, tulisan kita mewakili apa yang kita pikirkan dan talenta yang kita miliki. Udah kepikiran mau tulis apa? yuk rajin posting diblog!



Posting Komentar