Minggu, 27 September 2015

KelasBogor: Membukukan Blog


source: @KelasBogor

@KelasBogor bulan September mengangkat topik tentang Membukukan Blog dengan narasumbernya Pak WKF. Alhamdulillah bisa ikutan lagi :D

Dari lubuk hati emang pengen banget menerbitkan buku karya pribadi, tentang perjalanan hidup, tentang diri sendiri aja sih hahaha
Lebih pada kepuasan batin
tapi aku mah apa atuh?
masih belajar dan terus belajar supaya bisa menginspirasi orang lain.
situ ok??? hahaha

@KelasBogor berlokasi di Perpustakaan Cinta Baca, lokasi yang menarik menurut ku karena suatu hari nanti aku berkeinginan memiliki taman bacaan khususnya untuk anak-anak. Cinta Baca berdiri sejak tahun 2001 dan sekarang sedang gencar-gencarnya mengajak semua orang berpartisipasi dalam gerakan donasi buku, yuk kita simak videonya!



untuk kalian yang berminat mendonasikan buku bisa langsung cek website resminya supaya tau caranya! Perpustakaan Cinta Baca buka dari hari Senin - Sabtu, jam 09.00 pagi hingga jam 17.00 sore ;)
untuk peminjaman buku, harus daftar dulu menjadi anggota perpustakaan dengan biaya administrasi Rp 25.000,-

Kelas Membukukan Blog pun diawali dengan mengingat kembali, nama-nama penulis buku favorit dan siapa saja ya penulis yang berawal dari Blogger?
hayo siapa hayo??

Pertama ada Raditya Dika yang bukunya terbit dengan judul Kambing Jantan selanjutnya jadi judul film deeeh. Penulis dari Bogor juga banyak loh khususnya Blogger Bogor, ada Kang MT, Kang Harris, Kang Unggul, Teh Dita, dan Pak WKF sendiri :D

Blog yang memiliki beragam tema dan pembahasan harus dicari benang merahnya dulu nih supaya penerbit dan pembaca fokus pada satu pembahasan, ada juga sih yang membukukan update dari twitter namun isi informasinya tetap bermakna bagi pembaca.

Cara membukukan blog bisa melalui 
1. Penerbit konvensional seperti Mizan, Gramedia, Trinity, dan lain-lain
2. Self Publishing seperti Leutikaprio dan nulisbuku dengan metode print on demand
3. e-book (paling pas dengan konsep berbagi itu mudah)

Jangan lupa diisi ya blognya dengan tulisan-tulisan yang menarik dan pastinya bermanfaat untuk pembaca, karena membukukan blog bukanlah sesuatu yang mustahil!



Poskan Komentar