Langsung ke konten utama

Desa Cibadak, Kec. Sukamakmur, Kab. Bogor

GREEN CAMP DALAM RANGKA HARI PRB DI GUNUNG PANCAR
Tempat terjadi bencana longsor di awal tahun 2014. read more
Akses yang bisa ditempuh lebih kurang 20 Km dari Pasar Citeureup dan Jonggol. Jarang angkutan umum berwarna biru yang menuju Desa Cibadak. Sabtu, 25 Oktober 2014, Kami menuju kesana menggunakan mobil pick up, dari Gunung Pancar menyusuri jalan menanjak, turunan terjal dan rusak, jembatan batang pohon kelapa, dan menyeberangi sungai. Semua terasa begitu jauh dan terpencil.

Aku baru mengetahui masih ada tempat seperti ini di Kabupaten Bogor. Kecamatan Sukamakmur memiliki tiga desa yang rawan bencana, di lingkung Gunung Wangun terdapat Desa Karang Tengah, Desa Wangun Landeuh, dan Desa Cibadak. Pembangunan oleh pihak swasta yang didukung penuh oleh Pemkab Bogor membuat berbagai sisi kehidupan masyarakat kecamatan Sukamakmur berubah. Di balik hingar-bingar Jungle land dan Sentul City terdapat masyarakat desa yang menginginkan hak dan kehidupannya yang dulu. Hak untuk mendapat air bersih, hak menikmati lingkungan dan sawah yang hijau, dan kesejahteraan hidup. Semuanya telah direnggut oleh penguasa-penguasa yang tidak bertanggung jawab memperbaiki lingkungan. 

Sebagian besar masyarakat kecamatan Sukamakmur dipaksa menjual sawahnya oleh kepala desa dengan sangat murah. Mata pencaharian masyarakat kecamatan Sukamakmur pun hilang. Mereka berusaha menafkahi keluarga dengan berbagai cara, seperti memecah batu-batu di sungai, menjadi buruh tani, satpam, maupun cleaning service di tanah yang dikuasai oleh pihak-pihak swasta. MIRIS

Masyarakat kecamatan Sukamakmur juga kesulitan air bersih, lebih mirisnya lagi ada sungai yang diberi pagar batas oleh pihak Sentul City, sehingga masyarakat tidak bisa mengambil air di sungai tersebut. JAHAT

Dari sisi sosial, masyarakat sudah jarang melakukan gotong-royong, membangun rumah bersama-sama, dan kekeluargaan lain. Lingkungan mereka telah berubah, lahan hijau yang sejuk berganti menjadi hawa panas dan 'ngebul', sehingga bisa membuat beberapa anak mandi sampai lima kali dalam sehari.

Apakah Pemerintah Kabupaten Bogor akan terus membiarkan ini?
Apakah diri kita akan diam saja setelah mengetahui ini?
Lantas apa?
Jagalah lingkunganmu, lakukanlah revolusi mental mulai dari dirimu sendiri... *sigh*

Berikut ini sebagian foto yang diambil saat turun lapangan ke Huntara

MENUJU HUNTARA (HUNIAN SEMENTARA)

ANAK-ANAK HUNTARA



MUSHOLLA HUNTARA


Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bikin SIM di Cibinong

Proses pembuatan SIM di POLRES Bogor (Jl. Tegar Beriman, Cibinong) ternyata nggak sesulit yg dibayangkan, tingkat kesulitannya ada pada pengendara kendaraan bermotor itu sendiri. Mampukah si pengendara motor ini melalui prosedurnya?
23 Mei 2014 langsung dateng ke POLRES Bogor bersama Ayah dan Adik yg juga mau bikin SIM C. Jangan lupa membawa map untuk simpan berkas fotokopi KTP yah! 

Lanjut ke loket pendaftaran SIM Baru, diarahkan untuk periksa kesehatan di wilayah POLRES juga, dengan biaya dua puluh ribu rupiah. Setelah selesai, menunggu di bagian uji praktek, lebih kurang jam sembilan pagi Pak Nandang memberikan arahan mengenai tata cara dan peraturan dalam ujian praktek. Harap memperhatikan peserta lain yg sedang uji praktek di lapangan ya!  Peserta bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan milik POLRES, perempuan mendapatkan kesempatan tiga kali dan laki-laki satu kali saja untuk penggunaan motor matic. Tes pertama adalah jalur putar balik (membentuk huruf U), kedua jalur zig…

Bikin SKCK di Gunung Putri

SKCK berlaku selama enam bulan, setelah enam bulan, jika masih diperlukan, Kamu bisa perpanjang. Hanya dengan membayar administrasi sebesar dua puluh lima ribu rupiah, bawa fotokopi KTP, SKCK yg akan diperpanjang, dan foto 4 x 6 sebanyak tiga lembar. Tak perlu berlama-lama SKCK kamu sudah jadi dehhh
Untuk pembuatan SKCK baru, Kamu bisa baca keterangan di gambar ya! jangan lupa bawa pulpen, bawa map juga boleh supaya berkas kamu rapi, minta formulirnya, dan langsung sidik jari sama petugas. Oh iya jangan lupa setelah jadi difotokopi dan dilegalisir, siapa tau kamu butuh salinannya.
Selamat membuat SKCK ;) 

Indonesia Peace and Security Center (IPSC), Sentul, West Java

IPSC merupakan kawasan yang menyatukan 7 (tujuh) lembaga, yaitu:
IPSC is an area that unites seven (7) institutions:

1. BNPT (Terrorism National Institution) 2. Standby Force  3. BNPB (Disaster Management Institution) 4. Universitas Pertahanan Indonesia (Indonesia Defense University) 5. Pusat Bahasa (National Language Center) 6. PMPP (Peacekeeping Mission Center) 7. Komite Olahraga Militer Nasional (Sports Committee of The National Military)

IPSC terletak di Jalan Anyar, Kecamatan Citeureup, Desa Tangkil, Bogor, Jawa Barat 16810. Dari Gunung Putri cukup mudah menempuh jalan kesana, secara umum gambaran letaknya bisa melalui arah Citeureup dan arah Jalan Raya Bogor.
IPSC is located in Jalan Anyar, Kecamatan Citeureup, Desa Tangkil, Bogor, Jawa Barat. 
From Gunung Putri quite easy to go there, generally via Pasar Citeureup (Tradisional Market) and via Jalan Raya Bogor (Highroad).

1. Dari Pasar Citeureup, lurus terus sampai di daerah Nutug, ada pom bensin (pertama) di sebelah kanan dan minimarket, b…